Internet sebagai "New Media" dalam Dunia Berkomunikasi

Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.
Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.
Kehidupan masyarakat tidak bisa lepas dari hiburan, masyarakat memerlukannya untuk melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Hiburan menjadi sebuah aspek penting bagi masyarakat modern. Berbagai hiburan dapat diperoleh dengan berbagai cara dan melalui berbagai media, media yang sangat populer saat ini adalah media online, dimana media ini sering disebut sebagai new media di jajaran bermedia.
Memang istilah new media ini masih terdengar awam di telinga masyarakat, namun di kalangan praktisi media istilah ini muncul ketika internet sebagai sarana penunjang proses komunikasi berubah menjadi media baru yang sangat melejit keberadaan nya di dunia, dibutuhkan banyak orang, di minati banyak kalangan dari yang muda sampai dewasa, bahkan lima tahun belakangan ini, internet juga menjadi candu bagi anak-anak mulai dari level sekolah dasar dan merambat ke level sekolah menengah.
Hal ini terbukti dari meningkatnya permintaan akan jaringan internet di sekolah-sekolah yang di masa sekarang ini, murid-murid di sekolah dan guru nya sudah menggunakan teknologi canggih baru ini yang dinamakan internet, lalu seberapa pentingkah internet ini hingga menjadi sebuah fenomena baru di dunia media berkomunikasi?
Sebenarnya,  Istilah baru dalam dunia media adalah "New Media"New Media diambil dari bahasa Inggris, yang secara kasarnya bisa kita artikan sebagai media baru. Media yg dimaksud di sini adalah perantara atau penghantar dalam menyampaikan suatu pesan. Pesan itu dapat berupa informasiinformasi paling baru yg sedang hangat dibicarakan banyak orang.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.
Komunikasi  massa (Nurudin, 2007: 4) adalah komunikasi melalui media massa (cetak dan elektronik). Di awal perkembangannya saja, komunikasi massa berasal dari pengembangan kata media of mass communication (media komunikasi massa). Media massa atau media saluran yang dihasilkan oleh teknologi modern. Hal ini perlu ditekankan sebab ada media yang bukan media massa yakni media tradisional seperti kentongan, angklung, gamelan dan lain-lain. Jadi, media massa menunjuk pada hasil produk teknologi modern sebagai saluran dalam komunikasi massa.
New Media diambil dari bahasa Inggris. Yang secara kasarnya bisa kita artikan sebagai media baru. Media yg dimaksud di sini adalah perantara atau penghantar dalam menyampaikan suatu pesan. Pesan itu dapat berupa informasi-informasi paling baru yg sedang hangat dibicarakan banyak orang.
New media berawal dari bentuk komunikasi bermedia komputer atau computer-mediated communication (CMC) ini. Dalam buku Media Now, disebutkan beberapa fitur atau fasilitas yang terdapat dalam internet yakni elektronic publishing (penerbitan elektronik), entertainment(hiburan), communities (komunitas), blog, search engine, dan beragam fitur lainnya termasuk download dan upload data.
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, media massa pun tak ketinggalan ikut mengalami perkembangan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa media massa digolongkan menjadi media massa cetak (surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya) dan media massa elektronik (radio dan televisi). Kini, muncul sebuah media massa baru yang disebut media massa online atau Internet.media baru berupa internet ini muncul seperti sebuah fenomena, walupun tak serta merta datang begitu saja, internet yang juga memiliki sejarah ini seakan semakin lama semakin berkembang dan selalu mengalami perubahan yang cepat, sehingga menjadi the most needed thing in life bagi masyarakat sekarang ini.
Internet merupakan kependekan dari Interconnected Network. Internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain, sehingga masing-masing dapat berkomunikasi. Jadi, dapat dikatakan bahwa internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit), yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi, yaitu internet protocol (IP).
Kesimpulan yang dapat ditarik dari makalah ini adalah bahwa perkembang media dalam berkomunikasi tidak lagi dapat dibendung kemajuannya, penemuan media baru yakni internet sudah menjadi tolak ukur eksistensi media komunikasi untuk terus nerkembang dan berkembang. Sudah jelaslah bahwa new mediaadalah media yang berbasis teknologi komputer, kemajuan teknologinya baik dari segi hardwaredan software membuat internet semakin mutakhir saja. Para peneliti komunikasi dan media mulai tertarik dengan penelitian-penelitian mengenai perbedaan antara old mediadan new media.
Daya tarik new media dirasa sangat hebat, tawaran-tawaran seperti kecepatan, interaktifitas, jaringan luas dan akses yang lebih bersifat pribadi membuatnya dapat berkembang dengan cepat. Perbandingan antara new mediadapat dilihat dari menurunnya angka data-data survey beberapa negara tentang penggunaan atau penjualan old media.
DAFTAR PUSTAKA
Levinson, Paul. 2009. New New Media . Boston, MA: Allyn & Bacon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Cara Penyelesaianya

Ritual Adat atau Upacara Adat Suku Jawa

Implementasi grafik komputer di berbagai bidang kehidupan