Implementasi grafik komputer di berbagai bidang kehidupan
1. Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada bidang pendidikan ini digunakan apabila seorang dosen, guru, mahasiswa ataupun siswa ingin mempresentasikan sebuah data dalam bentuk grafik atau sebuah diagram dalam presentasinya tersebut, atau digunakan untuk mempresentasikan objek objek secara nyata. Salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan microsoft powerpoint, prezi, atau yang lain.
2. Bidang sains, teknologi dan bisnis
Dalam bidang ini bentuk grafik dua dimensi (2D) dan tga dimensi (3D) banyak dimanfaatkan untuk menunjukkan suatu fungsi matematik, fenomena fisis, fungsi ekonomi, histogram, diagram batang, pie chat, diagram penjadwalan pekerjaan, diagram produksi dll
3. Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Contoh aplikasinya: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.3.Computer Art
4. Bidang Hiburan
Penerapan dalam bidang hiburan adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video musik. Misalnya pada pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan efek animasi. Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek grafis.
5. Computer-Aided Design (CAD)
CAD Adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain,khususnya untuk sistem arsitektural engineering.
CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan,mobil,pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga dan berbagai produk lainnya. Salah satu contoh dari aplikasi yang tergolong CAD ini adalah AutoCAD.
6. Computer Aided Software Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang software engineering. CASE digunakan dalam meodelkan user requirement, pemodelan basis data, workflow dalam proses bisnis, struktur program dsb.
Contoh aplikasi CASE ini ialah Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata dimana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3D.
Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemandangan 3D dan memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang adadalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR parachute trainer, Latihan terjunpayung US. Navy.
8. Bidang Hiburan ( Entertainment )
Penerapan dalam bidang hiburan adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video musik. Misalnya pada pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan efek animasi. Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek grafis.
9. Bidang Seni dan Komersial
Dalam bidang ini, grafika komputer banyak dimanfaatkan untuk pembuatan ulang (reproduksi) gambar yang memiliki nilai historis tinggi dan penting untuk dilestarikan, seperti gambar- gambar dari pelukis terkenal. Juga digunakan untuk pembuatan iklan / logo dari suatu produk.
10. Bidang Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
11. Simulasi
Contoh penerapan grafika komputer dalam simulasi adalah simulator training pilot, simulator training operator alat berat, simulator training air traffic control, network simulator, dan lain-lain. Simulator membantu user untuk belajar mengendalikan misalnya pesawat terbang.
Komentar
Posting Komentar